SIARAN PERS
09
Apr
2018
PENDIDIKAN SARAPAN SEHAT Bagi 14.455 Sasaran di Tujuh Kota April-Mei 2018

Sidoarjo, 9 April 2018. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (“Indofood”) bersama PERGIZI PANGAN kembali mengadakan Pendidikan Sarapan Sehat untuk yang keempat kalinya. Dengan mengangkat tema “Sarapan Sehat dan Jajanan Aman Menuju Generasi Sehat Berprestasi, kegiatan ini menyasar 12.600 siswa Sekolah Dasar, 525 guru SD, 840 orang tua, 490 mahasiswa dan Dosen di tujuh kota di Pulau Jawa. Ketujuh kota tersebut adalah Bogor, Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, Purwokerto, Sidoardjo, dan Jember. Kegiatan yang dilaksanakan di bulan April hingga Mei ini, dilaksanakan dalam rangka memeringati Hari Gizi Nasional dan Pekan Sarapan Nasional (PESAN).

Menurut Naskah Akademik Pekan Sarapan Nasional, PERGIZI PANGAN Indonesia tahun 2012 menunjukkan prevalensi tidak biasa sarapan pada anak dan remaja 16,9%-59% dan pada orang dewasa 31,2%. Sementara hasil analisis data konsumsi pangan Riskesdas 2010 pada 35.000 anak usia sekolah 44,6% anak yang sarapan hanya memperoleh asupan energi kurang dari 15% kebutuhannya yang seharusnya 15-30% kebutuhan (Hardinsyah dan Aries M, 2012). Artinya, 70% atau 7 dari 10 anak usia sekolah belum memenuhi gizi sarapan.

Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof Dr Hardinsyah MS, menjelaskan, “Secara terus menerus PERGIZI PANGAN dan Indofood memberikan edukasi kepada masyarakat, yang meliputi siswa SD, orangtua, guru, mahasiswa dan dosen. Tahun ini sudah ke empat kalinya. Hasil evaluasi yang kami lakukan di dua kota yang menjadi baseline Pendidikan Sarapan Sehat kami, yakni Malang dan Purwokerto, menunjukkan adanya peningkatan praktik sarapan sehat siswa SD dari 57% di tahun 2016 menjadi 73% di tahun 2017. Sehingga baik PERGIZI PANGAN maupun Indofood menganggap perlu untuk melanjutkan ini sebagai kontribusi bagi upaya perbaikan gizi bangsa. Tujuan Pendidikan Sarapan Sehat ini adalah untuk mengingatkan dan mendorong masyarakat terutama anak sekolah dan remaja agar menerapkan perilaku gizi seimbang dengan baik, yang salah satunya adalah membiasakan sarapan sehat yaitu kegiatan makan dan minum yang aman dan bergizi memenuhi 15-30% kebutuhan gizi sebelum beraktivitas atau sekolah, maksimal sebelum jam 9 pagi.

Sementara Head of Corporate Communications Indofood, Stefanus Indrayana, mengungkapkan “Kami menyadari bahwa selalu menyajikan makanan dengan gizi seimbang akan mampu mengoptimalkan tumbuh kembang anak sehingga mereka akan menjadi generasi yang sehat dan cerdas. Oleh karenanya, kami terus mendorong keluarga Indonesia untuk sadar gizi. Sajikan sarapan yang bervariasi dan lengkap unsur gizinya.” Pada kegiatan ini, Indofood menyajikan alternatif menu sarapan dengan gizi seimbang berupa Indomie Goreng sebagai sumber karbohidrat dilengkapi dengan telur untuk protein dan sayur, serta minuman berupa air mineral Club dan susu Indomilk.

Kegiatan pendidikan sarapan ini meliputi 1) Pelatihan kepada dosen dan mahasiswa sebagai fasilitator pendidikan sarapan sehat, 2) Pelatihan dan edukasi sarapan sehat bagi guru, 3) edukasi sarapan sehat bagi anak sekolah 4) edukasi kepada orang tua siswa. Metode penyampaiannya pun disesuaikan agar mudah dipahami dan dimengerti, seperti melalui komik Ayo Sarapan Sehat! dan Cakram Alternatif Sarapan Sehat, sebagai salah satu karya PERGIZI PANGAN Indonesia.

Setelah mengikuti Pendidikan Sarapan Sehat, mahasiswa dan dosen akan berperan sebagai fasilitator. Kegiatan ini menggandeng mahasiswa dan dosen dari Program Studi Gizi dan Boga di tujuh perguruan tinggi yaitu Universitas Sahid Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Poltekkes Tasikmalaya, Poltekkes Cirebon, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Universitas Negeri Surabaya, dan Politeknik Negeri Jember.

Pendidikan Sarapan Sehat yang dilaksanakan sejak tahun 2015 telah mengedukasi 48.416 siswa SD, 2.782 guru SD, 2.174 orang tua, 2.462 mahasiswa dan dosen di 31 Kota/Kabupaten di Pulau Jawa. Agar lebih menjangkau lebih banyak keluarga Indonesia yang sadar pentingnya sarapan yang sehat, tahun ini, kami akan mendatangi sekolah dasar-sekolah dasar di tujuh kota, yang belum pernah mendapatkan Pendidikan Sarapan Sehat. “Harapan kami, upaya edukasi ini semakin menyadarkan masyarakat akan pentingnya sarapan, pentingnya gizi seimbang sehingga semakin berkurangnya anak kurang gizi atau gizi buruk dan berganti dengan generasi yang sehat dan cerdas,” tutup Indrayana.

-Selesai-

Tentang PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Dalam dua dekade terakhir, Indofood telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar. Kini Indofood dikenal sebagai perusahaan yang mapan dan terkemuka di setiap kategori bisnisnya. Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, Indofood memperoleh manfaat dari skala ekonomis serta ketangguhan model bisnisnya yang terdiri dari empat Kelompok Usaha Strategis (”Grup”) yang saling melengkapi sebagai berikut:

 
  • Produk Konsumen Bermerek (”CBP”)
  • Dengan didukung oleh kekuatan merek-merek produknya, Grup CBP memproduksi beragam produk konsumen bermerek antara lain mi instan, produk dairy, makanan ringan, penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus, dan minuman. 
     
    • Bogasari
    Grup ini memiliki kegiatan usaha utama memproduksi tepung terigu dan pasta, didukung oleh unit usaha perkapalan dan kemasan. 
     
    • Agribisnis
    Kegiatan usaha utama Grup Agribisnis meliputi penelitian dan pengembangan, pemuliaan benih bibit, pembudidayaan dan pengolahan kelapa sawit hingga produksi dan pemasaran produk minyak goreng, margarin dan shortening. Di samping itu, kegiatan usaha Grup ini juga mencakup pembudidayaan dan pengolahan karet dan tebu serta tanaman lainnya. 
     
    • Distribusi
    Dengan jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia, Grup ini mendistribusikan sebagian besar produk konsumen Indofood dan anak-anak perusahaannya, serta berbagai produk pihak ketiga.

     

     

 

Kontak Media:

Deni Puspahadi                                                                  Nurulita Novi Arlaida
Head of Corporate Social Responsibility                             Head of Corporate Public Relations
PT Indofood Sukses Makmur Tbk                                        PT Indofood Sukses Makmur Tbk
Sudirman Plaza Indofood Tower Lantai 17                             Sudirman Plaza Indofood Tower Lantai 9
Jl. Jend. Sudirman Kav. 76-78                                              Jl. Jend. Sudirman Kav. 76-78
Jakarta 12910                                                                        Jakarta 12910
T. +62 21 5795 8822                                                              T. +62 21 5795 8822 ext. 1169
F. +6221 5793 7477                                                                F. +6221 5793 7466
E. deni.puspahadi@indofood.co.id                                   E. nurulita.arlaida@indofood.co.id